Benchmarking Program Studi S2 Akuntansi: Belajar dari E-Learning Best Practice Universitas Terbuka 2022

Universitas Tadulako Tingkatkan Kompetensi E-Learning Pascasarjana

April 2022 – Program Studi S2 Akuntansi Pascasarjana Universitas Tadulako melaksanakan kegiatan benchmarking ke Universitas Terbuka pada 6-7 April 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk mempelajari e-learning best practice dari Universitas Terbuka sebagai institusi yang telah sukses menerapkan Program Pembelajaran Jarak Jauh (PBJJ) bahkan sebelum pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 telah memaksa transformasi besar dalam dunia pendidikan dengan penerapan pembelajaran daring. Namun, sistem pembelajaran daring sering kali diterapkan sebagai respons darurat tanpa kesiapan yang optimal. Program Studi S2 Akuntansi Pascasarjana Universitas Tadulako melihat kebutuhan mendesak untuk mengadopsi pendekatan e-learning yang berkelanjutan. Universitas Terbuka dipilih sebagai mitra benchmarking karena keberhasilannya dalam mengelola PBJJ dan Learning Management System (LMS) secara efisien.

Melalui kegiatan ini, tim benchmarking Universitas Tadulako berharap memperoleh:

  1. Informasi tentang praktik terbaik Universitas Terbuka dalam melaksanakan e-learning.
  2. Metode pembelajaran untuk mendukung e-learning best practice.
  3. Rancangan kurikulum untuk pembelajaran daring.
  4. Pemahaman tentang fasilitas pembelajaran daring yang optimal.
  5. Pengelolaan Learning Management System (LMS).
  6. Peluang kerja sama antara Universitas Tadulako dan Universitas Terbuka dalam pengembangan e-learning.

Tim Benchmarking

Kegiatan ini dipimpin oleh Dr. E. Femilia Zahra, S.E., M.Sc., berdasarkan Surat Tugas Rektor Universitas Tadulako Nomor 1011/UN28/KU/2022.

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan benchmarking dilaksanakan secara luring di Ruang Sidang Wisma 2 Lantai Dasar Universitas Terbuka, Tangerang Selatan. Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama Universitas Terbuka, Bapak Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. Narasumber utama adalah Ir. Anak Agung Made Sastrawan Putra, MA., Ed dan Nang Budiyanto, ST.

Rangkaian Kegiatan

  1. Sesi Pertama: Paparan tentang e-learning best practice untuk program studi magister. Diskusi interaktif membahas desain LMS, solusi permasalahan, dan inovasi pembelajaran daring.
  2. Sesi Kedua: Campus tour ke Pusat Produksi Media Pembelajaran (P2M2) dan Pusat Layanan Bahan Ajar (Puslaba). Tim benchmarking mengamati langsung produksi bahan ajar multimedia dan sistem distribusi pembelajaran daring.

Kegiatan ini memberikan wawasan berharga bagi Program Studi S2 Akuntansi Pascasarjana Universitas Tadulako. Masukan dari narasumber akan dijadikan acuan dalam perancangan LMS dan pengembangan kurikulum e-learning. Program Studi S2 Akuntansi juga berencana merekomendasikan hasil benchmarking ini kepada Pascasarjana Universitas Tadulako untuk perbaikan sistem pembelajaran daring secara menyeluruh.

Dengan keberhasilan kegiatan ini, Universitas Tadulako semakin optimis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring yang inovatif dan berkelanjutan.